Upgrade 3 : Footpeg Belakang Yamaha Lexi

Pasang footstep/footpeg extension belakang.

Footpeg extension (selanjutnya saya sebut pemundur footpeg) sesuai namanya emang semacam pemanjang footpeg gitu jadi posisi footpeg akan jadi lebih ke belakang.

Anda yang pakai Lexi pasti pernah ngalamin saat berboncengan kemudian merayap di kemacetan, maka betis kita bakal mentok ke kaki bocenger.

Nah bikin kagok kan,mana jinjit pula!

Belum lagi bila perjalanan lebih dari 1 jam bocenger bakal ngerasa pegal di paha dan betis karena footpeg terlalu maju sehingga bagian paha jadi menggantung dan tidak tersangga dengan betis baik.

Nah pemundur footpeg ini saya beli di Bukalapak seharga 124 rb. Bentuknya sederhana hanya batang besi segiempat di potong lalu di las dudukan footstep,di kasih tanda juga untuk membedakan sisi kiri dan kanan.

Saya pasang sendiri,dan ternyata mesti bongkar semua bodi belakang m….heran sama desain motor Yamaha sekarang,nggk ramah perawatan blas 😞

Karena saya amatiran maka perlu hampir 2 jam buat masangnya.

Setelah beres manggil nyonya buat nyoba tes injek. Berat pasangan saya kirang lebih 48 kg,di coba berdiri walau melengkung dikit tapi nggk meleyot loh.

Udah di coba riding ke Bogor PP dalam sehari doi udh nggk ngeluh pegel lagi. Yang saya rasakan jelas adalah masalah betis mentok di kaki boncenger juga ilang,mantap!

Cuma ada satu kekurangan kecil tapi mayan nyebelin yaitu nggk ada setelan dan penahan posisi footpeg.

Jadi saat di lipat kadang bagian kanan bablas nekuk ke dalam,walhasil jadi susah pas mau di congkel pakai kaki.

Semoga ini jadi masukan dan kritik buat yang minat produksi extension footpeg, kalau bisa bikin yang adjustable jadi bisa di setel sendiri jarak maju mundur dan ketinggian footstepnya sama jangan mahal-mahal ya!

Semoga berguna dan jangan lupa doa sebelum riding 🙂

Upgrade Lexi 2 : Ganti Tangki Bensin 6 Liter

Seperti umumnya keluhan mantan pengendara motor sport setelah pindah ke matic Yamaha adalah tangki bensin yang terlalu kecil. Motor jadi enteng sih cuma bikin kita jadi sobat SPBU,bentar-bentar isi bensin.

Selain itu karena kapasitas yang kecil membuat kita harus pandai memperkirakan jarak tempuh,kalau ceroboh saat bensin menipis di daerah antah berantah cuma bisa nangis. Bisa sih bawa bensin cadangan cuma cukup beresiko apalagi kalau nggk punya box.

Bongkar body Lexi yang cukup ribet

Jadi kemarin saya memutuskan upgrade tangki,lebih tepatnya tukar tambah sih..jadi tangki asli motor saya di tukar dengan tangki custom yang kapasitasnya lebih besar + bayar 650 ribu dan itu termasuk ongkos pasang yang menurut saya ribet.

Lama pemasangan sekitar 40 menit,plug and play kok yang bikin lama bongkar bodynya yang ribet.

Tangki lama,debuan parah yawes emang gitu

Kapasitas tangki bawaan Lexi sesuai spek cuma 4,2 liter,dan yang custom ini 6 liter…beda 1,8 liter doang,tapi menurut saya cukup signifikan. Rata-rata konsumsi bensin saya jika di lihat dari MID adalah 1:40 , jika di tambah 1,8 liter artinya jarak tempuh saya naik 70an km! Cukuplah buat nyari yang jual bensin lagi.

Lebih oke memang kalau ada yg bisa nampung 10 liter sekalian tapi tidak bisa akibat bentuk rangka Lexi yang tidak memungkinkan. (FYI Nmax lama bahkan bisa upgrade sampai 12 liter lho).

Setelah saya isi penuh ternyata indikator bahan bakar tidak otomatis menyesuaikan,bacaan indikator tetap 0-4,2 liter saja. Jadi kalau bensin masih di atas 4,2 liter maka akan terbaca full terus menerus! Saya isi full di bilangan Pasar Minggu Jakarta Selatan lalu saya bawa muter ke Jakarta Timur lalu ke Tangerang masih full tuh indikator.

Tangki baru kapasitas 6 liter

Karena kapasitas bertambah tentu bobot tambah ya kalau full,cuma nggk berasa ada yang beda signifikan di handling. Saya juga udah nyoba berboncengan sama aja kok.

Soal kemanan gimana? Waktu yang akan menjawab sih, cuma saya liat build quality-nya rapi dan cukup kokoh. Selain itu lebih aman karena ini plug and play,jadi nggak mengubah apapun di motor. Konon kata yang jual produknya juga di pasarkan oleh dealer resmi sebagai opsional sparepart.

Sekecil apapun perubahan di motor saya harap jadi bentuk investasi untuk kenyamanan dan keselamatan saya ataupun orang lain. Buat saya pribadi modifikasi memang lebih baik yang beneran punya fungsi tapi kalau emang bikin tambah keren ya gapapa sih!

Semoga berguna,jangan lupa doa sebelum riding.

Pasang Holder Handphone

Sebenernya sebelum rame ojol pake GPS saya udah dari lama pakai Google Maps buat navigasi,karena emang dulu lumayan seneng turing dan “mblusuk” sengaja nyasar buat nyari tempat yang bagus pemandangannya.

Dulu udah ada yg jual holder cuma bentuknya nggk praktis dan mahal,jadi biasanya saya taruh di slot tas tangki merk 7Gear. Itupun masih sering di liatin orang kalau di lampu merah,mungkin aneh ya waktu itu.

maaf penulis males foto

Kini seiring boomingnya ojek online pemakaian navigasi meningkat pesat,asesoris bertebaran. Saya akhirnya menemukan holder hp yang cocok setelah beberapa kali beli dan selalu rusak 😏

Ini bisa beli di Lazada atau Shopee,ketik aja “holder hp alumunium”. Bahannya emang dari alumunium jadi ringan dan kuat,harga di bawah 100 ribu kok.

Beda sama holder saya sebelum-sebelumnya yang dari bahan plastik,kayak kokoh pas di pakai jalan goyang dombret,di kencengin slek,mau lepas jatuh juga pernah untung kena tangkap kaki 😩😩😩. Ini beneran kuat dan kena jalan rusak bahkan kena lubang m hp tetap di tempatnya sekalipun saya letakan dengan posisi landscape!

Oke kekurangannya adalah mesti di jepit di tiang spion,jadi nggk bisa taruh di tengah (tapi udah ada kayaknya buat yang pake setang telanjang sekarang). Selain itu kalau nggk di pakai harus di rapetin biar nggak bunyi,tapi bukan masalah besar tinggal puter aja!

Semoga berguna,jangan lupa doa sebelum riding..

Upgrade 1 : Lampu Depan Yamaha Lexi

Lampu standart Lexi sebenernya udah cukup terang,cuma kurang menurut saya pribadi karena masih sering kena jebakan betmen di sepanjang jalan! 😂

Opsi pertama pasang lampu sorot di spakbor depan,tapi takut bikin silau pengendara lawan arah… akhirnya saya mutusin buat upgrade lampu utama aja.

Setelah nabung-nabung akhirnya saya beliin modul upgrade NCB 45watt,beli bisa di Instagram atau Tokopedia ketik aja upgrade lampu Lexi. Pemasangan modul saya serahkan kepada bengkel rekomendasi penjual soalnya mesti bongkar headlamp segala.

Saya ambil yang tipe jarak dekat warna putih dan jarak jauh warna kuning.

Lama pemasangan cuma sekitar 3-4 jam tapi motor saya tinggal baru keesokan harinya saya ambil.

Hasilnya?

Pas perjalanan pulang ngebatin ini terang banget yah,saya sampe senyum-senyum sendiri di jalan 😅

Sinar putih di permukaan aspal kering apalagi beton terang benderang,tapi nggk bikin silau lawan arah karena masih pakai reflektor bawaan Lexi. Kadang saking terangnya malah suka di kira mobil pas di tikungan jalan sempit.

Cuman saat nemu aspal basah tetep klelep juga sih,hujan gerimis sampai sedang masih tembus sih. Kalau ujan deres ya bubar. 😄

Jadi beberapa hari lalu saya iseng ke Bogor abis maghrib,ceritanya sih mau tes ban Maxxis yang baru di pasang eh kena ujan deres banget dari BSD sampai Taman Yasmin.

Dari BSD ke Parung karena jalanan beton masih okelah,tapi saat ketemu aspal buyar deh. Yang keliatan cuma air hujan itu sendiri,selain memang lampu jalan warna kuning jadi jelas kalah terang.

Hmm jadi pengen pasang lampu kuning biar tembus hujan…hehehe.

Well di luar situasi hujan deras dengan harga NCB 45 watt yang 800rb plus jasa pasang 250rb menurut saya worth it banget buat di milikin,terangnya mumpuni.

Lumayan mahal memang tapi ini saya anggap investasi buat keselamatan diri sendiri dan orang lain,apalagi kalau yang sering pulang malam.

Video di ambil dengan hp Samsung A8,tanpa edit sama sekali.

Semoga berguna dan jangan lupa doa sebelum riding 🙂

Mengatasi Masalah TV LG Tanpa Audio Output / Cara Menyambungkan TV ke Speaker.

Saya juga heran sih tv saya beli 1,5 tahun lalu ternyata tidak ada port audio out,yang artinya nggak bisa di sambungkan dengan speaker eksternal ,soundbar atau home theater!

Ya terjebak,mau di jual lagi bakal rugi tapi mau beli lagi juga mahal. Jadi kl beli tv pastiin ada port audio out ya temen-temen biar nggk nyesel kayak saya.

Taulah ya di musim wabah Covid 19 ini mengharuskan kita stay di rumah (saya : di kost). Lama-lama bosen juga,sementara game cuma suka balapan zZaaat

Karena emang bukan ahli audio pede aja nyambung pake kabel audio RCA. Ternyata nggk bisa,dengung doang. Googling ternyata speaker saya masih analog,kudu beli converter audio digital ke analog agar audio bisa keluar di speaker.

Jadi nggk terlalu berguna tapi di simpen aja siapa tau kepake besok 😊

Oke beli converter digital to analog,dan kabel audio optiknya juga…nah di sini saya baru sadar ternyata TV saya nggk punya audio out,kampret!

Pusing dong mau nyolok kemana ini kan,wah kesel banget saya!

Selain beli converter saya juga beli dongle HDMI buat mirroring ke tv. Setelah pasang dongle bisa langsung konek kalau ada fitur Cast/Mirorring. Kalau saya pakai aplikasi Miracast untuk menyambungkan karena lebih stabil di hp Xiaomi. Ya televisi saya bukan smart tv kayak model sekarang,lagi-lagi mau di jual sayang karena belinya harus nabung dulu (anak kost) 😅

Setelah jengkel nggak karuan dan merenung lama di WC kepikiran deh satu ide!!!

Speaker saya kan dasarnya adalah speaker bluetooth terus saya nyetelnya juga di handphone..pasti bisa nih!

Setelah selesai mirroring di tv kemudian saya coba koneksikan bluetooh hp ke speaker….nyoba muter video…..dan bisaaaaaaaa!!!!!!!!

Yes yes yessssss yess bisaaaa,video di TV suara keluar di speaker tanpa kabel dan converter!!!!

😄😄😄😄😄

gambarannya gini,HDMI dongle di sambungkan lewat wifi dan speaker di sambungkan lewat bluetooth.

Jadi simpe walaupun tanpa Audio Out kita tinggal mirroring HP ke TV kemudian bluetooth HP ke speaker. Kalaupun speaker belum ada bluetooth tinggal beli bluetooth receiver yang model USB itu. Ingat karena wifi di pakai untuk mirroring ya internet pake seluler.

Kalau kualitas audio Harman Kardon tentu udah taulah pasti bagus,nonton film di Youtube atau Iflix yang gratisan. Biar suasana makin mantap matiin lampu terus taroh speaker di belakang kepala kita..wes mirip banget di bioskop 😊

Tapi kalau mau muter dari perangkat seperti DVD atau VCD harus beli HDMI Audio Extractor. Nanti dari TV kita sambungkan dengan kabel HDMI ke alat tersebut, alat akan memisahkan file audio dan video. Sehingga kita bisa pasang DVD player lewat HDMI dan kabel RCA bisa di colok ke speaker. Jadi butuh kabel-kabel lain selain Audio Extracor itu sendiri.

Kalau gamau ribet sih beli smart TV aja beresss 😄

Semoga berguna,semoga wabah corona dan yang lain segera di temukan obatnya dan pergi.

Kisah Gentong Air Depan Rumah.

Jaman dahulu kata simbah putri (nenek),di masyarakat Jawa ada tradisi yang saya rasa sangat bagus. Yaitu hampir setiap rumah; terutama yang berada di pinggir jalan menyediakan air minum gratis yang di taruh dalam wadah gerabah (gentong/enceh/ tempayan beserta gayungnya).

sumber : Tembi

Siapapun boleh ambil dan meminumnya secara cuma-cuma tanpa harus minta ijin ke pemilik, tradisi ini tercipta di karenakan jaman itu banyak orang bepergian dengan berjalan kaki. Mau jauh mau dekat ya cuma bisa jalan kaki,maka untuk meringankan beban pengembara masyarakat menyediakan air minum gratis tersebut. Air di wadah gerabah biasanya tetap dingin walau cuaca sedang panas terik loh!

Walaupun sekarang hampir tiada lagi karena jaman yang berubah dan dari sisi kesehatan juga rawan terkontaminasi debu / patogen, tapi sebenarnya di daerah pedesaan kita masih dengan mudah meminta air atau air minum. Pasti di kasih!

Keluarga saya di kampung juga masih mempraktekan nilai tersebut tapi dalam wujud yang lain. Jadi rumah orang tua saya itu berada persis di lembah yang berbatasan langsung dengan pegunungan karst. Saat musim kemarau warga yang tinggal di pegunungan biasanya kekeringan air.

Bapak saya menyediakan selang air di depan rumah agar warga yang butuh bisa mengambil air bersih dari situ,biasanya di tampung di ember atau jerigen untuk nanti di bawa pulang oleh mereka.

Sedang bagi yang kenal bapak membebaskan WC kami yang di seberang rumah untuk di gunakan, terutama bagi anggota keluarga wanita/ remaja perempuan agar bisa mandi dengan tenang. Kasihan mereka kalau harus mandi di kali atau sendang yang terbuka kan!

Lucunya saat lebaran tiba “saudara-saudara” kami yang di pegunungan itu biasanya datang memberi hasil kebun buanyak banget. Dari kelapa,singkong,buah sampai gula merah. Padahal bapak nggak pernah minta sama sekali,kadang sampe nggk enak ati. Pernah nolak halus eh malah di marahin coba. 😄

Semoga berguna.

Wabah Corona Cepatlah pergi!

Doa saya yang utama semoga cepat di temukan obat penyembuhnya. Saat ini hanya bisa berdoa,minum vitamin dan mengurangi interaksi diri agar mengurangi dampak penyebarannya.

Bahkan saya nggk berani pulang ke rumah karena takut jadi carrier karena area kerja saya di zona merah penyebaran virus,jadi di masa krisis gini cuma pasrah tetep stay di kost alias hibernasi.

Semoga wabah yang jahat ini cepat berlalu,kita semua di beri kesehatan,panjang umur dan di beri ketentraman. Amiiin

Formula E Menurut Saya

Memang di akui 2020 trend kembali ke mobil listrik,dimana jaman dahulu sudah pernah diciptakan; bahkan mobil yang pertama kali menabrak manusia di dunia adalah mobil listrik!

Saya seneng-seneng aja sih mau ada pimpinan daerah yang nyelenggarain balap,apalagi balapan mobil elektrifikasi alias balapan mobil listrik. Jelas kita butuh event hiburan dan ini sesuatu yang baru pula.

Source : Getty Images

Cuman belakangan saya jadi mikir tentang potensi jangka panjang yang akan hilang dari proyek ini,entah apa motifnya tapi kenapa nggk bangun sirkuit reguler aja sih agar selesai formula rakyat masih bisa ikut menggunakan?

Alih-alih bangun di kawasan pantai utara seperti sirkuit Ancol dulu,atau di bekas pulau reklamasi ini bikin sirkuitnya malah di pusat kota banget masuk Monas. Selesai balapan di bongkar lagi sirkuitnya,duh sayang banget kan padahal bikinnya nggk murah!

Masa mau sih di tumpangin balapan sama orang asing doang sih,saya berharap setelah ada formula ini banyak putera-puteri Indonesia yang bisa merintis ikutan balap juga. Orang kita itu jago-jago balap sebenernya cuma kurang fasilitas dan pelatihan aja.

Kasian banyak bibit potensial malah berakhir jadi joki balapan liar atau ngedrift di perempatan yang kadang sampe ngeblok jalanan bikin kesel pengendara lain.

Akhirnya hanya berharap semoga formula e ini bukan cuma proyek gagah-gagahan doang. Bukan apa-apa soalnya banyak politisi memanfaatkan olahraga untuk dongkrak popularitas semata. Saat kampanye supportnya gila-gilaan, giliran udah terpilih atau nggk kepilih langsung di lepehin gitu aja!

Semoga berguna.

Cara Membuka Atau Membuat Hotspot Iphone

Karena saya bukan ahli jadi ini sharing aja mengenai masalah iPhone yang nggk bisa berbagi internet dengan perangkat lain atau istilahnya di jadikan hotspot.

Pada dasarnya hanya perlu mengisi username APN (Acces Point Name) saja di kolom hotspot.

  • Syarat pertama harus punya paket internet yang aktif yaa 😀
  • Syarat kedua nyalain data selulernya 😀😀

Urutannya adalah :

Pengaturan > Seluler > Jaringan Data Seluler > APN > isi APN

Ini list APN untuk beberapa operator,isi dengan karakter huruf kecil semua ya gaes!

  • Telkomsel : internet
  • XL : internet / http://www.xlgprs.net
  • Axis : axis
  • Indosat : indosatgprs
  • Tri : 3gprs / 3data
  • Smartfren : smartfren4g

Kalau masih bingung ikuti gambar di bawah,pencet ikuti lambang jari warna kuning!

1. Pengaturan / Setting

2. Seluler / Cellular

3. Jaringan Data Seluler / Cellular Data Network.

( Coba perhatikan bagian Hotspot Pribadi masih berupa lingkaran muter doang kan? )

Lalu pencet yang di tunjuk jari warna kuning ya.

4. Nah di kolom APN isi sesuai operator yang kita pakai.

Isi kolom yang di tunjuk jari warna kuning aja ya,kalau masih ada APN dari kartu yang lama hapus dulu.

APN wajib karakter huruf kecil semua!

bagian MMS kosongin aja.

5. Lanjut Geser ke bawah.

Ini yang paling penting isi kolom yang di tunjuk jari warna kuning.

6. Contoh yang sudah di isi,ini Telkomsel ya.

Hanya isi di bagian yang di tandai jari warna kuning,yang lain biarin kosong aja.

7. Kalau udah di isi semua pencet tombol kembali,

Bila kita berhasil maka bagian Hotspot Pribadi akan berganti menjadi mati atau nyala.

8. Kalau tidak berhasil ya ulangi lagi isi APN nya.

Pastikan inputan kita tersimpan ya,kadang ada yg bandel tuh begitu kita balik ke menu eh ilang lagi.

Dan karena jaman sekarang kita nggk pernah pake MMS lagi kolom itu nggk usah di isi.

Oya di beberapa tipe iphone kadang saat kita masukan kartu secara otomatis APN terisi sendiri.

**

Tambahan,saat nyalain hotspot kalau keluar seperti ini pilih yang WiFi dan USB.

Untuk iPhone dual simcard versi Tiongkok sama aja,cuma pilih dulu di simcard mana yang mau di ganti APN nya. (Di tandai dengan Primary atau Secondary,nanti bagian bawahnya ada Cellular Data Network klik kolom tersebut lalu isi sesuai APN kartu )

Sementara kalau pakai simcard luar negeri,tanyakan dulu apakah paket yang di beli bisa buat hotspot atau tidak karena ada yang tidak bisa di bagi internetnya.

Artikel ini saya tulis berdasar pengalaman pribadi ya,kalau ada salah atau saran monggo tulis aja di kolom komentar.

Semoga membantu temen-temen semua,terima kasih 😀

Wacana Motor Di Larang Lewat Jalan Nasional

Hallo anak motor di bulan Februari 2020 ini salah satu anggota DPR dari Komisi V Nurhayati Monoarfa dari Fraksi PPP, melempar wacana mengejutkan untuk melarang motor lewat di jalan nasional kecuali untuk kubikasi 250cc ke atas!

Alasannya agar tidak di pakai mudik karena motor kubikasi 250cc kebawah itu tidak di rancang untuk perjalanan jauh. Selain itu wacana ini juga mengusulkan agar motor 100cc dan di bawahnya di hilangkan.

Bahkan argumen ini di dukung oleh beberapa orang yang konon ” praktisi jalan raya” ,berkiblat pada aturan serupa negara lain.

Kalau aturan ini beneran di terapkan maka motor sah jadi kendaraan paling di zholimi di Indonesia.

Gimana nggak,pajak tetep kudu bayar tapi kita pemotor nggk di kasih hak lewat jembatan layang,nggk punya hak lewat tol (kecuali pas banjir),nggk boleh masuk jalur cepat, parkir pun di kasih tempat yang biasanya jauh banget dari gedung utama,di SPBU pemerintah pun pelayanannya di nomor duain!!!

Boleh aja bikin aturan,tapi tetep harus liat situasi dan kondisi di berbagai elemen masyarakat. Mereka sih enak aja dapet mobil dinas dan segala fasilitasnya.

Motor kecil itu justru jadi kendaraan vital buat masyarakat ekonomi bawah kayak saya,karena jauh lebih efisien secara waktu dan biaya.

Bukan saya nggk dukung transportasi umum,tapi sistem transportasi umum saat ini yang beneran bagus hanya di pusat kota. Sementara wilayah yang belum terjangkau trasportasi umum cakupannya jauh lebih luas.

Jelas dong aturan ini sangat prematur untuk di laksanakan,jauh sekali.

Belom lagi yang demen turing tapi motornya cc kecil,bubar dah.

Hmm kesel jadinya kan punya wakil rakyat yang ajaib gini,sekalinya mau kerja malah nyebelin banget. Jadi curiga ada sesuatu di balik usulan aturan ini saya.

Udah ah dongkol soalnya.