Google Maps andalan kita semua,yeah!

Biker manapun saya rasa pake aplikasi ini,kecuali yang emg saklek pengen baca papan penunjuk aja sih! šŸ˜‚

Mau nyari apa dan kemana aja ada rute dan navigasinya,tapi tak jarang kadang gegara nurutin ego buat “motong jalan” malah membawa sial alias nyasar šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£

Biasanya kalau si biker lagi “lelah” baca peta ataupun malah si boncenger yang nggak ngerti peta asal nyuruh belok aja..bisa juga kombinasi dua-duanya!

Kesalahan umum lain adalah bawa mobil tapi di peta masih pake motor,ya pasti di kasih jalan sempit sama gang. Jadi cek lagi jenis kendaraan yang di pilih sebelum memulai navigasi!

Wajar sih misal kita udh nentuin navigasi rute ke suatu tempat,maka sekalipun kita salah arah atau salah baca peta maka perjalanan akan di re-route alias di cariin jalan baru. Nah kalau nggak ngerti biasanya jadi bingung kemudian hp di puter-puter,nyasar dah šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£

Tapi tenang saya juga pernah jadi korban gmaps,bukan di sasarin tapi di kasih jalan yang aneh dan super sempit šŸ˜‚.

Pertama di daerah Sawangan Depok,critanya jalan yang saya lalui di pakai buat nikahan gitu,karena buru-buru mesti nyari jalan lain ya ikutin gmaps. Awalnya lewat gang biasa gitu,lama-lama makin sempit dan ternyata rutenya lewat kolam/empang yang jalannya cuma muat buat jalan kaki! Apa boleh buat sikat aja dengan sedikit gaya naik trail,bagusnya tanah empang kering kalau becek mungkin berakhir mandi sama ikan lele.

Ini akhirnya lolos sampai jalan raya walaupun di liatin gegara lewat belakang rumah orang šŸ˜‚

Pengalaman kedua agak horror critanya pulang dari Puncak,inget bgt tuh hari Minggu malam Senin. Kondisi gerimis abis ujan deres banget dari siang hari, gatau ada apaan itu jalan Raya Parung tumben macet panjang sampai berhenti lama. Bahkan pemotor cuma dapet space di sisi kiri doang itupun juga kesendat-sendat.

Saya di situ sejam cuma maju 150 meter kan gila! Yowes ganti riding mode : nyari jalan tikus buka gmaps.

Kebetulan abis pasang bracket hp,jadi enak nggk perlu megangin lagi pas ikutin navigasi šŸ‘Œ

Saya lupa nama daerah persisnya,saya di arahin menuju jalan kampung dan lewatin danau kecil gitu. Karena baru jam 9 malem saya beraniin aja,biasanya sekitaran danau pada buat nongkrong kan!

Awalnya lewatin kampung biasa gitu,terus tau-tau gelap banget..lah ternyata ke arah danau tersebut menurun dan nggk ada rumah sama sekali.

Saya jadi sangat bersyukur beberapa hari sebelumnya upgrade lampu depan lexi ke 35 watt,jadi terang benderang….oke lanjut. Beneran jalan gelap gulita dan sepi banget,air danau juga meluap ke jalan jadi mesti pelan.

Sampai ke pertengahan danau pun belum ketemu orang juga..wah saya mulai baca-baca doa sebisa saya. Cahaya di situ cuma dari motor saya doang brok…mana grimis!

Kondisi jalan beton tapi rusak di sana sini,setelah deg-degan syukur deh sampai seberang. Jalanan berubah menanjak di selingi semak tinggi. Hadeh tambah naik malah tambah serem,bimbang banget tapi masa balik lagi?

Terusin dong,dan pas di ujung terlihat ada semacam pagar ada gerbangnya gitu…gerbangnya nggk ada lampu dan di antara pepohonan tinggi pula. Yawes lewat aja tanpa nengok,tapi dalam hati tetap ngucap permisi kok,sampai sekarang nggk tau itu apa šŸ˜…

Setelah jalan itu saya tiba di jalan tanah yang becek dan ternyata itu memang akses satu-satunya menuju jalan aspal. belakangan ternyata itu lapangan bola šŸ˜‚. Eh abis serem-serem malah di suruh off-road,yawes menghela Lexi menerjang lumpur sampai ke ujung lapangan.

Di deket lapangan udah banyak rumah agak tenang saya. Alahasil saya beneran kayak kebo setelah berhasil sampai di jalan aspal,kotor semuanya.

Keluar kampung jalanan beneran sepi karena ketahan macet,btw macetnya ternyata ada truk tronton kecelakaan.

Jadi jangan lupa doa sebelum riding,semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s