Kisah Gentong Air Depan Rumah.

Jaman dahulu kata simbah putri (nenek),di masyarakat Jawa ada tradisi yang saya rasa sangat bagus. Yaitu hampir setiap rumah; terutama yang berada di pinggir jalan menyediakan air minum gratis yang di taruh dalam wadah gerabah (gentong/enceh/ tempayan beserta gayungnya).

sumber : Tembi

Siapapun boleh ambil dan meminumnya secara cuma-cuma tanpa harus minta ijin ke pemilik, tradisi ini tercipta di karenakan jaman itu banyak orang bepergian dengan berjalan kaki. Mau jauh mau dekat ya cuma bisa jalan kaki,maka untuk meringankan beban pengembara masyarakat menyediakan air minum gratis tersebut. Air di wadah gerabah biasanya tetap dingin walau cuaca sedang panas terik loh!

Walaupun sekarang hampir tiada lagi karena jaman yang berubah dan dari sisi kesehatan juga rawan terkontaminasi debu / patogen, tapi sebenarnya di daerah pedesaan kita masih dengan mudah meminta air atau air minum. Pasti di kasih!

Keluarga saya di kampung juga masih mempraktekan nilai tersebut tapi dalam wujud yang lain. Jadi rumah orang tua saya itu berada persis di lembah yang berbatasan langsung dengan pegunungan karst. Saat musim kemarau warga yang tinggal di pegunungan biasanya kekeringan air.

Bapak saya menyediakan selang air di depan rumah agar warga yang butuh bisa mengambil air bersih dari situ,biasanya di tampung di ember atau jerigen untuk nanti di bawa pulang oleh mereka.

Sedang bagi yang kenal bapak membebaskan WC kami yang di seberang rumah untuk di gunakan, terutama bagi anggota keluarga wanita/ remaja perempuan agar bisa mandi dengan tenang. Kasihan mereka kalau harus mandi di kali atau sendang yang terbuka kan!

Lucunya saat lebaran tiba “saudara-saudara” kami yang di pegunungan itu biasanya datang memberi hasil kebun buanyak banget. Dari kelapa,singkong,buah sampai gula merah. Padahal bapak nggak pernah minta sama sekali,kadang sampe nggk enak ati. Pernah nolak halus eh malah di marahin coba. 😄

Semoga berguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s