Upgrade Lexi 2 : Ganti Tangki Bensin 6 Liter

Seperti umumnya keluhan mantan pengendara motor sport setelah pindah ke matic Yamaha adalah tangki bensin yang terlalu kecil. Motor jadi enteng sih cuma bikin kita jadi sobat SPBU,bentar-bentar isi bensin.

Selain itu karena kapasitas yang kecil membuat kita harus pandai memperkirakan jarak tempuh,kalau ceroboh saat bensin menipis di daerah antah berantah cuma bisa nangis. Bisa sih bawa bensin cadangan cuma cukup beresiko apalagi kalau nggk punya box.

Bongkar body Lexi yang cukup ribet

Jadi kemarin saya memutuskan upgrade tangki,lebih tepatnya tukar tambah sih..jadi tangki asli motor saya di tukar dengan tangki custom yang kapasitasnya lebih besar + bayar 650 ribu dan itu termasuk ongkos pasang yang menurut saya ribet.

Lama pemasangan sekitar 40 menit,plug and play kok yang bikin lama bongkar bodynya yang ribet.

Tangki lama,debuan parah yawes emang gitu

Kapasitas tangki bawaan Lexi sesuai spek cuma 4,2 liter,dan yang custom ini 6 liter…beda 1,8 liter doang,tapi menurut saya cukup signifikan. Rata-rata konsumsi bensin saya jika di lihat dari MID adalah 1:40 , jika di tambah 1,8 liter artinya jarak tempuh saya naik 70an km! Cukuplah buat nyari yang jual bensin lagi.

Lebih oke memang kalau ada yg bisa nampung 10 liter sekalian tapi tidak bisa akibat bentuk rangka Lexi yang tidak memungkinkan. (FYI Nmax lama bahkan bisa upgrade sampai 12 liter lho).

Setelah saya isi penuh ternyata indikator bahan bakar tidak otomatis menyesuaikan,bacaan indikator tetap 0-4,2 liter saja. Jadi kalau bensin masih di atas 4,2 liter maka akan terbaca full terus menerus! Saya isi full di bilangan Pasar Minggu Jakarta Selatan lalu saya bawa muter ke Jakarta Timur lalu ke Tangerang masih full tuh indikator.

Tangki baru kapasitas 6 liter

Karena kapasitas bertambah tentu bobot tambah ya kalau full,cuma nggk berasa ada yang beda signifikan di handling. Saya juga udah nyoba berboncengan sama aja kok.

Soal kemanan gimana? Waktu yang akan menjawab sih, cuma saya liat build quality-nya rapi dan cukup kokoh. Selain itu lebih aman karena ini plug and play,jadi nggak mengubah apapun di motor. Konon kata yang jual produknya juga di pasarkan oleh dealer resmi sebagai opsional sparepart.

Sekecil apapun perubahan di motor saya harap jadi bentuk investasi untuk kenyamanan dan keselamatan saya ataupun orang lain. Buat saya pribadi modifikasi memang lebih baik yang beneran punya fungsi tapi kalau emang bikin tambah keren ya gapapa sih!

Semoga berguna,jangan lupa doa sebelum riding.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s