Fenomena Nitrogen di SPBU

Pernah isi ban pake gas nitrogen kan bro,hehehe.

image

Nitrogen (N2) adalah gas yang di kenal juga dengan gas lemas,di pake untuk bermacam-macam keperluan.
Penjelasan ilmiahnya di gugling aja yak,saya nggk ngerti banget soalnya 😀

Kalau untuk otomotif biasa di gunakan untuk mengisi ban karena di klaim lebih unggul daripada gas biasa,karena sifatnya yang lebih stabil,ringan,dan tidak mudah memuai.

Belakangan ini kalau masbro perhatikan di Jabodetabek  menjamur outlet isi Nitrogen ini.
Kebanyakan sih di SPBU plat merah. Tentu memudahkan pengendara jika ingin isi ban atau menambal ban tubeless.

image

Tetapi setelah kehadiran outlet-outlet isi angin nitrogen ini kok saya baru menyadari ada satu fasilitas dimana setahu saya adalah fasilitas standart di SPBU-SPBU Pertamina yang menghilang…tebak apa?

Tidak lain tidak bukan,isi angin gratis!

Bila biasanya masbro nemu keran air bersebelahan dengan selang pompa ban sekarang hanya tersisa keran airnya saja.
Kalaupun ada selang pompa juga tidak berfungsi,lha wong kompresornya aja pada ikut ngilang!

image

Entah perjanjian bisnisnya seperti itu, kebetulan kompresor milik SPBU-SPBU kompakan rusak,atau gimana saya kurang tahu.
Apapun alasanya dengan raibnya fasilitas isi angin gratis ini maka konsumen “seperti di paksa” untuk isi ban di outlet Nitrogen.
Jelas hal ini menghilangkan hak konsumen untuk menikmati fasilitas sebagai kompensasi telah membeli bahan bakar di SPBU tersebut.

Memang terhitung murah 3 ribu/ban untuk isi ulang Nitrogen,atau kalau isi baru 5 ribu/ban bonus tutup pentil ijo. (sepeda motor)
Bahkan terkesan sepele untuk beberapa orang,recehhh…

Tapi kalau nambah angin depan belakang jadi 6 ribu dong…wew dapet hampir seliter premium!
Buat anak kost kayak saya uang segitu berharga bro,bisa buat beli lauk apa mie instan 😦

Belum lagi jam operasional outlet Nitrogen yang kebanyakan hanya buka jam 09.00-22.00 malem,,kalau gembos di luar jam itu apa harus niup ban pake mulut??

image

Memang nggk semua,ada beberapa SPBU tetap mempertahankan isi angin gratisnya walaupun ada outlet isi Nitrogen.
Jadi enak,yang uangnya berlebih bisa ngisi Nitrogen..yang mau hemat tinggal isi di pengisian gratis deh!

image

Agak di sayangkan hari gini kok malah ngurangin pelayanan,hmmh alamat bakal di tinggalin konsumen….lha mending ke SPBU asing,lebih mahal dikit tapi pelayanan oke.
Isi angin,air,wc pun gratisss! :p

Nggk cinta tanah air dong?

Jare sopo broo..kalau pelayanan sepadan orang juga bakal milih beli di Pertamina kok.
Toh SPBU asing juga tetep bayar pajak ke negara kita tercinta,pegawai SPBUnya juga WNI tuh!

Apakah di tempat masbro juga terjadi fenomena ini,monggo di cek kalau lagi beli bensin.

Semoga berguna..

Semoga berguna…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s