Review charger sepeda motor Anzena di Yamaha Vixion

Berawal dari seringnya kehabisan baterai saat perjalanan akhirnya bulan puasa kemarin saya berinisiatif membeli sebuah charger khusus untuk sepeda motor.

Sebenernya di pasaran sudah ada yang model lighter seperti aksesoris di mobil tapi menurut saya kok nggk praktis.
Ubek-ubek internet akhirnya nemu charger khusus motor merk Anzena,sms yang jual langsung COD an deh.

Saya belinya 75.000 bro untuk yang tipe motorsport,kalau soal harga mungkin berbeda tergantung yang jual ya bro  🙂

image

Foto punya kaskus.co.id

Di pembelian terdapat charger dengan colokan USB beserta kabel ke aki kurang lebih 1,5 meter + holder setang + kabel charger micro USB.

Cara pasangnya gampang kok. Tinggal hubungkan kabel charger ke kedua kutub di baterai alias aki,jadi pastiin motor ada akinya yak 😀

Kalau di Vixion tinggal buka jok udah keliatan baterainya.

1. Pasang holder di setang atau tempat lain yang memungkinkan,cukup pake obeng +. Selain itu sudah tersedia double tape di bagian belakang charger kalau mau di tempel,tapi tentunya nggk sekuat bracket yah.

image

2. Kendorkan baut di aki lalu selipkan besi konektor (saya tidak tahu namanya apa jadi saya sebut demikian saja) ke bawah baut aki. Merah ke (+) hitam ke (-).

image

4. Kencangkan kembali baut aki,pastikan besi konektor terjepit dengan kuat biar tidak lepas saat terkena guncangan.

5. Rapikan kabel biar tidak merepotkan saat di jalan dan jangan lupa di coba terlebih dulu.

Untuk memakai pencet tombol on/off di bawah lampu LED,kalau lampu indikator warna biru menyala berkedip maka  charger siap di gunakan. Karena terhubung aki maka posisi mesin mati tetap bisa ngecas bro.

Oiya lampu indikator LED nya terang banget,kalau di rasa mengganggu bisa di tutup dengan selotip hitam.

image

Patut di ingat layaknya charger lain charger motor ini menimbulkan panas saat di gunakan,jadi lebih baik di tempatkan di daerah yang udaranya bersirkulasi.

Kalau punya saya akhirnya seperti ini bro…

image

image

Jadi gitu karena ulir bautnya yang asli somplak tertindih tankbag saat saya isi bensin,jadi posisi holder saya akalin seperti itu deh. Tapi hasilnya jauh lebih kuat loh..

Tips buat ngecharge mendingan pakai kabel charger asli dari handphone masbro…soalnya kalau pakai kabel charger yang dari Anzena penuhnya luama.

Charger ini sudah saya gunakan mudik pulang-pergi Tangerang-Magelang kurang lebih 1000km dan berfungsi dengan semestinya tanpa gangguan berarti. Electric stater masih ces jreng setelah 13 jam daya aki di pakai terus-menerus untuk menyuplai charger,tanda aki aman.

image

Hanya sekali lampu indikatornya sempat manteng tidak berkedip saat saya rada kenceng melewati jalan jelek di alternatif Weleri- Temanggung tapi itupun tetap ngecharge. Setelah beberapa lama normal sendiri lagi,entah kenapa tapi sejauh ini nggak ngalamin lagi.

Buat yang suka touring…recommended bro!

Semoga berguna..

Advertisements

10 thoughts on “Review charger sepeda motor Anzena di Yamaha Vixion

    1. bejoselamet Post author

      Hallo. .saya nggk ngukur sih mungkin sekitar 1,5 meter,tipe yg untuk motor sport lebih panjang kabelnya drpd untuk bebek.
      Sejauh saya pakai di vixion aman karena ada saklar on/offnya,tapi kalau lagi nggk di pakai mending di lepas bro.

      Like

      Reply
  1. Achen

    bro.. klo pasang di NMP aki-nya kan di sisi kiri dan “telanjang” (kepala + / – tdk tertutup karet), saat kena air (cuci steam) apakah tdk apa2 ? krn charger nya akan kecantol di aki juga.

    apakah ada saran nya agar tdk terkena air? atau kah ada solusi lain, bs disambung kemana ya selain ke aki?

    tkx ya bro.

    Like

    Reply
    1. bejoselamet Post author

      jujur yah saya nggk ngerti bgt soal kelistrikan bro,tapi setau saya cahrger itu butuh pasokan listrik stabil agar berfungsi normal contoh dari aki…nah soal air bisa di tutup selotip atau lakban biar lebih aman kan bro.

      Like

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s