Nyebrang jalan sembarangan di Jogja? siap-siap kena tilang bro!

Menarik banget nih…
http://www.jogja.co/di-yogya-pejalan-kaki-juga-bisa-kena-tilang/

Kayaknya mesti kasih jempol buat kepolisian DIY nih,walaupun cuma dalam bentuk operasi simpatik selama 21 hari dan tilangnya hanya berupa teguran terhadap pelanggar tapi semoga menjadi contoh untuk para pejalan kaki lain agar tidak sembarangan saat menyeberang jalan.
Kalau di Jogja sih mending masih pada sabaran pengendara/pengemudinya…kl di ibukota jangan tanya deh,parah.

image

Sering kn denger karena alasan males jalan jauh,panas dll oknum-oknum pejalan kaki dengan sengaja menyeberang sembarangan atau tidak di tempat seharusnya seperti di zebra cross atau jembatan penyebrangan orang.
Kalau ketabrak gimana? Inget peraturan ajaib di sini dong,” yg lebih gede kendaraannya pokoknya yang salah.titik! “.

Orang-orang suka menyepelekan hal menyebrang jalan ini,padahal kalau nggk ngerti aturan dan etikanya akan sangat berbahaya buat diri sendiri dan orang lain. Contohnya  di lampu merah aja deh. ..pas lampu berubah ijo masih aja ada yg maksa nyebrang. Resikonya kalau nggk di tabrak yaa kendaraan depan jadi ngerem ndadak,lalu di sosor deh dari belakang. tabrakan karambol tuh akhirnya gara-gara pejalan yg sembrono šŸ˜¦

Ada lagi nih cuek nyebrang di tikungan,sambil ngeliatin HP pula! di klakson eee malah dia melotot ngata-ngatain..emejing kn?
Ada juga yg jalan lurus tau-tau lgsg ngeloyor nyeberang! 
Belom lagi yg dari balik tanaman tau-tau lari nyebrang…buseeet bikin panik orang. Wis jiaan nggatheli tenan. ..hammer

Saya nggk mukul rata semua pejalan gitu loh yaa karena saya sendiri juga sering jalan kaki tapi takutnya oknum-oknum ini bakal mempengaruhi pola pikir para pejalan lain buat melakukan hal yg sama,mending di tempat yang di khususkan untuk pejalan kaki ajalah masbro mbaksist…kalau emg nggk ada fasilitas ini ya toleh-toleh dulu minimal karena pengemudi kendaraan juga nggk mau ngalah sama pejalan kaki kalau pejalan kakinya di rasa ngawur saat nyeberang.

Yah meskipun realitanya zebra cross,trotoar,dan jembatan penyeberangan sering di serobot oleh para oknum pengendara yg volume otaknya dikit, seharusnya pejalan kaki tetap ikut aturan demi keselamatan mengingat pejalan kaki adalah yg paling lemah di sistem lalulintas.
Kalau kata buku primbon : mending berkorban beberapa menit untuk menyeberang di zebra cross demi triliunan menit hidupmu nanti.

Sedikit tips saat menyeberang buat pejalan terlebih di tempat yg nggk ada fasilitas pendukung buat menyeberang,ni saya rangkum dari sepenglihatan saya di jalanan…mau nambahin boleh monggo..

* Usahain menoleh kanan kiri dulu terus jangan menyeberang di belokan atau tikungan,bahaya karena nggk kliatan sama pengendara kendaraan yg lewat.
* Sebelum nyebrang buat para pengendara mengetahui posisi kita,bisa kasih tanda pakai tangan, tongolin sedikit baju atau tas tapi jangan terus di alangin ke jalan yee..di samber ntr šŸ˜€
* Nyebrangnya kl bisa di tempat yg terang,kalau malam atau emg gelap nyalakan layar HP atau gadget untuk memberi tau posisi. Kalau punya senter/ flashlight arahin ke aspal atau kaki aja biar nggk bikin silau (kayak tukang villa puncak gt deh ) šŸ˜€
*Jangan langkahkan kaki sebelum beneran yakin aman,ada tuh yg udah sampai setengah lari balik lagi atau nekat berdiri di badan jalan pdhl masih rame kendaraan…bisa terserempet ntr bro sista.
*Ini paling krusial sebenernya,jangan pernah nyeberang dengan memunggungi kendaraan yg lewat karena membuat pengendara susah mengantisipasi pergerakan pejalan kaki,menyeberang di persimpangan saat lampu APILL menyala hijau juga bukan ide yg bagus.

Semoga ke depan fasilitas pejalan kaki di tingkatkan pemerintah,kalau cuma nilang tanpa ngasih fasilitas yg memadai percuma dong…biar para pejalan kaki lebih nyaman dan aman saat berada di jalan.
Buat para pengemudi yg sering nyerobot hak pejalan malu lah sama pejalan kaki,mereka kn cuma dapet bagian dikit di trotoar sama zebra cross kq masih tega di embat juga..

Advertisements

2 thoughts on “Nyebrang jalan sembarangan di Jogja? siap-siap kena tilang bro!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s