Tips berwisata / Turing Naik Sepeda Motor.

image

Hallo masbro dan mbaksist yang baik..

Sekedar mau berbagi tips aja nih kalau masbro dan mbaksist berencana mau dolan/maen naik motor keluar kota, apalagi yang mau pergi sendirian….eh pergi sendirian yakin? Kenapa nggk, yang penting berani bukan nekat 😀

Oke berani itu berani karena memang sudah siap,jadi sebelum berangkat kemas-kemas seperti ini dulu :

※ Tentukan tujuan dolan,kemudian cari informasi sebanyak-banyaknya semisal jam buka-tutup,harga tiket dan akomodasi,serta rute yg akan di lalui..pilih rute yg relatif aman dan banyak fasilitas, nggk harus yg paling deket kq.
Bawa barang seperlunya aja yah,karena motor bagasinya nggk banyak bisa bawa tas ransel/tankbag/topbox tapi pasang dengan benar biar nggk melorot di jalan.

image

※ Cek kondisi motor masbro,pastikan semua bekerja baik terutama mesin ,rem dan lampu. Gunain helm yang layak bro,syal dan masker kalau perlu di pakai juga.
STNK dan SIM wajib di bawa dan mendingan tertib ikutin rambu lalulintas karena kalau sampai kena tilang di luar kota ribet urusannya.

Sekalian kalau ada rezeki ganti ban yang tipe tubeless,kelebihannya seumpama bocor masih bisa di pake jalan buat nyari tambal ban..atau lebih bagus kasih cairan anti bocor.

image

Berdoa, penting banget broh suerrrr selain ati-ati  tiap mau jalan jangan lupa berdoa sesuai agama dan keyakinan masing-masing.

※ Selalu cek  bensin di perjalanan, saat tinggal setengah langsung isi penuh lagi buat jaga-jaga karena nggk setiap tempat ada yg jual,apalagi yang tangki motornya imut seperti motor matic.

image

※ Bawa selalu jas ujan,manfaatnya banyak broh…
      ~ Saat ujan kita tetep bisa nerusin   perjalanan tanpa harus membuang waktu neduh nunggu ujan reda.
     ~ Bisa di pakai buat nahan hawa dingin di pegunungan,karena jas ujan menjebak hawa panas tubuh.
     ~ Bisa untuk menyelamatkan harga diri saat baju atau celana robek..hehe 😀

Jangan karena liat ramalan cuaca cerah terus nggk bawa,namanya aja ramalan kemungkinan salahnya pasti ada broh.

image

※ Bawa air minum dan minum yang banyak,berkendara selain menguras tenaga juga bikin dehidrasi masbro,badan gampang kecapean sama ilang konsentrasi…saya pernah loh sampai bibir pecah-pecah dan bengkak gara-gara lupa minum dan itu sakit banget broh!
Air mineral bisa juga jadi alternatif cuci muka atau cuci tangan,,bisa juga buat isiin radiator saat darurat.

※ Kalau capek langsung istirahat,umumnya setelah 2 jam naik motor badan bakal terasa pegel dan pantat panas ( boncenger pasti lebih cepat capek apalagi kl cewek) . Nyari aja SPBU/Minimarket/Warung buat istirahat, jangan maksain diri masbro.

image

※ Sediain uang tunai yg cukup buat jajan,beli oleh-oleh,dan bayar biaya masuk tempat wisata (mayoritas tempat wisata masih pakai  sistem bayar tunai),,sebaiknya pisahkan di 2 tempat berbeda untuk antisipasi copet atau uang terjatuh…selain itu bawa receh juga, uang Rp.2000 sangat berguna buat bayar parkir motor,bayar ngecharge hp,bayar toilet sama ngasih pengamen.

  Memang keliatan ribet,tapi semua demi kelancaran acara itu sendiri…karena niat kita mau piknik tentunya mau seneng-seneng jadi sebisa mungkin di siapin sebelum hari H,nggak asiklah kalau malah jadi acara olahraga dorong motor. Masih mending kalau tempatnya rame kalau jauh dari rumah penduduk yaa tambah pegel broh 😀

image

Sekian dari biker pemula ini,monggo di tambahkan bro sekalian kalau punya tips lain.

semoga bermanfaat..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s