Setelah tertunda sekian lama akhirnya di sempetin nyari tutup radiator alias radiator cap buat si bejo. Dari brojol 2008 sampe skrg belom pernah ganti,maklum yang punya males,kejam dan kere horee !hehe.
Di siang yang panas nya ampun-ampunan itu kudu ngiterin beberapa BeRes Yamaha di Tangerang dan mantap…semua kosong bro,huh nasib motor tua 😦
Kemudian iseng nanya toko onderdil motor pinggir jalan,malah ada loh 😀
Radiator Cap ini harganya 125ribu bro,lumayan bikin kempes kantong buruh seperti saya. Tapi demi keselamatan dan ketentraman selama perjalanan ya tetep di beli..hehehe.
Sampe kontrakan langsung copot cover depan pake kunci L,tapi tunggu dingin dulu radiatornya baru di puter ya ingat radiator itu bertekanan dan coolant tu bahan beracun..kalau nyembur ke muka di jamin nggk asik!
Tutup radiator kecil sih tapi kalau sampe rusak akibatnya bikin nyeseg. Fungsi dari tutup ini selain buat nutup lubang radiator juga sebagai penjaga tekanan dalam sistem radiator dan mengatur sirkulasi air coolant dari dan menuju tabung reservoir/cadangan (tabung old vixion ada di balik body tengah sebelah kiri)
Kalau tutup radiator rusak otomatis sistem pendinginan tergganggu. Yang gawat bisa bikin overheat,head cylinder melengkung,piston macet…seremmmm 😦
Oya kq agak beda ya tutup radiator yang baru dengan bawaan pabrik dulu,nggk ada kodenya gt…nggk keliatan pegas juga di tutp yg baru ini,teknologi baru atau gmn kurang tau deh.
Tadi kata yg jual sih nggk ada KW nya radiator cap ini makanya harganya juga mahal,semoga beneran asli deh.
Semoga bermanfaat…